Berita Terbaru :

Pentingnya Siroh Nabawiyah Menggantikan Pelajaran Sejarah di Sekolah

Berbeda dengan mengkaji sejarah-sejarah yang lain, mempelajari sirah nabawiyah tidaklah semata-mata untuk mengetahui rangkaian atau kronologi dari peristiwa-peristiwa sejarah. Sebagaimana yang kita ketahui, dalam pelajaran Sejarah atau Pendidikan Kewarganegaraan, siswa hanya didorong untuk menghafalkan Nama (Who), Peristiwa Apa (What), Tempat (Where), dan Tanggal (When) sehingga siswa tidak bisa bersikap analitis dan kritis terhadap peristiwa-peristiwa sejarah. Bahkan kecenderungan yang terjadi adalah siswa didoktrin untuk mengikuti ideologi yang sedang dianut oleh penguasa.

Dalam mempelajari Siroh Nabawiyah siswa juga diajarkan Kenapa (Why) peristiwa itu bisa terjadi, dan juga Bagaimana (How). Sehingga siswa bisa terdorong untuk mengamalkan kebaikan-kebaikan didalamnya, menghindari keburukan-keburukannya. Siroh Nabawiyah adalah sejarah Islam yang memiliki tujuan besar yang berkaitan dengan kesepurnaan keimanan seorang muslim. Belajar sirah nabawiyah adalah suatu cara yang cukup penting agar seorang muslim mendapatkan gambaran sempurna tentang hakikat kebenaran Islam. Berikut ini beberapa manfaat di dalam mempelajari sejarah Nabi Muhammad adalah:
1. agar setiap muslim memahami dan mengenal dengan baik kepribadian Rasulullah saw melalui rangkaian peristiwa yang dialaminya, konflik-konflik yang diselesaikannya, tantangan-tantangan yang dihadapinya, bahkan peristiwa-peristiwa kecil seputar hubungannya dengan para sahabatnya, kaum kerabatnya dan musuh-musuhnya. 
2. agar setiap muslim mendapatkan contoh ideal dalam setiap aspek kehidupan. Tak dapat dihindari bahwa jika kita bertanya tentang contoh ideal untuk mengatasi masalah-masalah kehidupan maka akan kita temukan jawabnya dalam sejarah kehidupannya. Dia telah diutus untuk menjadi teladan bagi manusia khususnya orang-orang beriman. Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah. (Al Ahzaab :21) 
3. agar setiap muslim mendapatkan sesuatu yang dapat memebantunya memahami Al qur’an. Ada banyak peristiwa dalam kehidupan nabi saw yang menjelaskan maksud dari ayat-ayat suci Al Qur’an yang diturunkan. 
4. agar setiap muslim mendapatkan contoh dan gambaran tsaqofah dan aplikasi nilai-nilai pengetahuan Islam yang luas. Nabi adalah sekaligus yang mencontohkan praktek dari konsep Islam. Ia adalah gambaran nyata bagaimana Islam diaplikasikan dalam bidang hukum, undang-undang, akhlaq, muamalah dan lain sebagainya. 
5. agar para da’i dan pembina ummat mendapatkan contoh cara-cara berda’wah yang efektif. Beliaulah guru terbaik sepanjang masa. Yang meninggalkan murid-muridnya sebagai manusia-manusia terbaik sepanjang sejarah peradaban manusia. Dalam waktu yang sangat singkat, beliau merubah suatu kaum yang begitu liar dan berangasan menjadi begitu lembut dan beradab, merubah kaum yang begitu terbelakang menjadi kaum yang menaklukkan dan memimpin bangsa-bangsa di dunia. 

6. agar kaum Muslimin mengetahui model pemerintahan terbaik, yakni pemerintahan Khilafah Islamiyyah.

Singkatnya, Siroh Nabawiyah ini sudah cukup menggantikan pelajaran-pelajaran sejarah yang lain, karena nilai yang terkandung di dalamnya sudah mencakup contoh-contoh yang memadai sebagai panutan kehidupan.

Share this Article on :

1 comments:

Poskan Komentar

Mohon saran dan kritiknya


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Seluruh kebaikan dari situs ini boleh disebarluaskan tanpa harus mengutip sumber aslinya, karena pahala hanya dari Allah | Dikelola oleh © SMK Al-Furqan Jember.